General / Informasi / Intern P3W-GKI

PEMBINAAN JEMAAT DI KLASIS AMBERBAKEN-SAUKOREM MANOKWARI

Kurang lebih satu minggu, Tim P3W GKI (bidang III) melakukan persiapan untuk keberangkatan ke Manokwari, pada tanggal 16 September 2013. Kegiatan ini akan di lakukan dari tanggal 16 – 21 September 2013.

Kami berangkat dari bandara sentani menuju kota Manokwari dengan menggunakan  penerbangan Expres Air pada pukul 07.30 wtp dan tiba dibandar Rendani pukul 08.30. Kami  dijemput oleh ibu Prawar. Dan istirahat di Manggoapi, sambil belanja keperluan yang harus dibawa, serta menunggu jemputan dari Klasis Amberbaken.

Dan tepat jam 18.00 atau jam 6 sore kami berangkat dari Manokwari menuju Ke klasis Amberbaken, dengan menggunakan mobil. Melalui jalan darat bersama Pdt Kristian dan Bp Ketua Klasis Amberbaken Pdt. Septinus Titohu S.Si.

Dalam perjalanan, kami melewati Kecamatan Warmare, Klasis Hatam Moile Meak, melewati perkampungan dari jalan raya yang bagus, jembatan kali pesisir, gunung, kolam dan lumpur dimalam hari. Namun oleh karena kasih dan kebesaran Tuhan yang telah menuntun kami dengan bulan yang begitu cerah, sebagai mana 2013 tahun lalu umat Israel pada malam hari Tuhan menuntun mereka dengan tiang api  demikian pula kami .

Pada pagi hari, hari yang baru Tuhan Anugerahkan kepada kami. Kami mulai bersiap dan melakukan perjalanan kepusat tempat kegiatan kami tepatnya Jemaat  GKI J.L.VAN HASSELT  kampung Wefiani dengan melewati 3 kampung lagi, setibanya dikampung Wefiani kami disambut oleh jemaat dengan tari-tarian, dan puji-pujian, menuju ke Gedung gereja  dan kami mulai dengan ibadah pembukaan kegiatan yang dipimpin oleh Pdt.LIDIA YENSENEM S.Si. Di lanjutkan dengan sambutan-sambutan baik dari P3W, Klasis  dan juga  Ketua Badan Pekerja Klasis  Pdt Septinus Titohu S.Si sekaligus membuka dengan resmi kegiatan ini.

Kegiatan ini diikuti oleh 13 jemaat yang ada di wilayah Klasis Amberbaken.  Tetapi, ada tiga jemaat yang berdekatan dengan Kabupaten Tambrau tidak dapat mengikuti kegiatan karena, medan yang sulit, hujan juga banjir.

Hari sudah malam saat kami tiba, memasuki kota Kecamatan dan tempat dimana Kantor Klasis berada. Walaupun saat itu lampu sedang padam. Kamipun menikmati makan malam lalu beristirahat.

Keesokan harinya, kami memulai dengan kegiatan. Yang diawali dengan materi Profil P3W GKI penjelasan singkat tugas dan pelayanan P3W. Kemudian diisi dengan materi kepemimpinan dan struktur organisasi Badan Pelayan unsur PW GKI, dan dilanjutkan dengan materi cara Menjahit Taplak Kain Mimbar  oleh Pdt. M. Kabes S.Si. Juga ketrampulan cara membuat kue-kue dari bahan setempat, yaitu kue dari tepung sagu, oleh Ibu Maria Ojaba. Kegiatan hari pertama ini di akhiri dengan ibadah dan makan malam bersama.

Kegiatan di hari ke II  tidak jauh berbeda dengan hari pertama, yaitu penjematan struktur unsur PW sampai sore, dan di lanjutkan dengan pembuatan taplak mimbar dan pembuatan kue-kue dari keladi, pisang dan sagu, puji-pujian ibadah dan makan malam istirahat sapai jam 21 .00 atau jam 9 malam.

Hari ketiga kegiatan di awali dengan jalan pagi lalu olah raga. Setelah mandi, ibu-ibu membuat nasi goreng pisang. Lalu ibadah, kemudian minum dan makan pagi bersama. Selanjutnya masuk dengan materi dihari ketiga penyuluhan tentang informasi  HIV AIDS di gereja. Sedangkan materi yang sama diberikan oleh ibu Pdt Merry Apiem dan Ibu Prawar disekolah SMA dan SMP Amberbaken. Selanjutnya diisi dengan ketrampilan membuat bunga liturgi  Advent dan Minggu Sengsara. Dan melanjutan penyelesaian taplak mimbar dari 13 jemaat se Klasis Amberbaken, sesudah itu makan siang bersama. Setelah makan, kegiatan dilanjutkan lagi dengan materi cara berbusana. Sesudah itu dilanjutkan dengaan ketrampilan cara merangkai bunga lidi dan cara membungkus hadiah natal bagi ibu–ibu. Dengan gembira,senang hati ibu–ibu terlibat dalam kegiatan ketrampilan ini.

Yang menarik dari kegiatan ini, bukan saja ibu-ibu yang terlibat, tapi juga  anak-anak yang ikut. Bahkan hadir dalam tiap kegiatan. Karena itu, kami pun membuat satu kegiatan untuk mereka lakukan. Anak-anak ini, dengan penuh semangat ikut terlibat dalam mewarnai gambar, dan cerita dari Alkitab. Tiap hari ada saja anak yang bertambah dalam kelompok ini, karena di ajak oleh teman-temannya. Mereka di berikan gambar dan mewarnai, ada juga yang mengambar sendiri. Dengan spontan dapat mengikuti kegiatan mewarnai. Kami menyampaikan kepada anak-anak yang mewarnai bagus akan diberikan hadiah. Hasilnya, mereka yang gambarnya bagus mendapat hadiah dan diserahkan pada ibadah penutupan kegiatan. Selain itu ada pemutaran film agama bagi anak-anak.

Akhirnya kegiatan ini di tutup secara resmi dengan ibadah, yang disertai dengan pembagian hasil ketrampilan ibu-ibu selama kegiatan yaitu taplak kain mimbar oleh Tim P3W. Yang diterima langsung oelh masing-masing utusan dari 13 jemaat. Kegiatan ini pada umumnya berlangsung dengan baik. Dan harap mereka, ke depan P3W dapat kembali melakukan pembinaan-pembinaan ke tahapan yang lebih lanjut. (Tim P3W-GKI)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s