Uncategorized

PEREMPUAN DAN SPIRITUALITAS

Oleh:  Pdt. M. Retto, S. Th  ( Pelayan Jemaat Rafidim Koya Timur)

Makna tugas sebagai seorang hamba adalah : Setiap orang yang menyerahkan dirinya kepada Allah harus berada di alamat yang tepat. Artinya bahwa : menerima Yesus berarti menerima Allah dan kehidupan itu sendiri. Dan bagaimana memperkenalkan dirinya sebagai hamba dalam melakukan pekerjaan pelayanan yang benar-benar membawa buah dari  pekerjaan  pelayanan itu. Yang  menjadi kesaksian hidup bagi orang lain.

Buah dari pekerjaan pelayanan itu adalah : pekerjaan kuasa Allah didalam diri Yesus Kristus yang menyelamatkan  manusia dari kuasa dosa.

Saya menyadari bahwa : situasi pada zaman Yesus dan murid-murid-Nya selama pelayanan-Nya dibumi. Yesus  memiliki Roh Allah, Roh Kudus tanpa batas. Seluruh kuasa Allah tinggal dalam  satu manusia, yaitu Yesus.

Yesus membuat mujizat yang disaksikan langsung oleh murid-murid-Nya yaitu orang sakit disembuhkan, dll. Tetapi setelah Yesus naik ke sorga, Roh Kudus tinggal didalam hati semua orang percaya diseluruh dunia. Sesuai kata firman Tuhan dalam kitab Yohanes 14 : 16,25 – 26 : bahwa Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan  seorang penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya. Semuanya itu kukatakan kepadamu, selagi  Aku ada bersama-sama dengan kamu, tetapi penghibur yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam namaku. Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah kukatakan kepadamu.

Oleh karena itu bagi saya bukanlah masalah situasi zaman Yesus dan murid-murid-Nya dan zaman sekarang yang kita alami tetapi bagi saya bagaimana mau melakukan pekerjaan pelayanan yang diberikan oleh Allah kepada kita didalam kehidupan berjemat supaya ada mujizat Tuhan yang sedang terjadi tanda Tuhan sendiri hadir dan menyertai kita bahkan memberkati pekerjaan-Nya.

Melalui pengalaman pelayanan ini saya mulai menyadari bahwa, Allah mempunyai maksud tersendiri bagi diri pribadi saya dalam panggilan-Nya menjadi seorang hamba-Nya.

Saya menyadari lebih jauh bahwa kebenaran Ilahi-Nya menembus hati dan keberadaan saya, dan hidup saya menjadi berarti, tujuan hidup saya menjadi pasti didalam dunia ini. Oleh karena itu pertamakali  saya menyadari semua ini, saya tiba-tiba mulai memahami dengan lebih baik mengenai keputusan untuk menjadi hamba-Nya, saat saya pulang kuliah sampai kerumah dan karena rasa capeh saya tertidur dan bermimpi, dan ada suara yang datang dengan bahasa saya sendiri,katanya : Fo” pa  fe”  Te” ka ne” meme” pa” me ma ni le” yang artinya : walau hujan,dan angin badai dan tofan menimpa dalam dirimu tetapi engkau sudah di urapi,dan saya disuruh baca dari bagian Alkitab Yeremia 1 : 4 – 8 dan Yesaya 6 : 1 – 12.

Ini adalah  jawaban Tuhan bagi saya supaya saya mempunyai tujuan hidup yang pasti. Dan  saya menyadari bahwa Tuhan sendiri membentuk saya dalam kandungan ibu dan memilih saya menjadi hamba-Nya. Sekarang waktunya bagi saya untuk menyesuaikan diri dengan apa yang Tuhan mau dalam pekerjaan-Nya. Sebab ketika saya menyesuaikan diri dengan panggilan Tuhan ini dan mulai bekerja, pasti ada mujizat tanda Tuhan beserta saya dalam  pekerjaan-Nya didunia ini.

 

Saya tahu bahwa bagaimanapun juga saya telah  mengambil risiko sebagai seorang hamba untuk melakukan tugas yang diberikan Tuhan kepada saya.

Saya tidak pernah akan  melupakan saat saya untuk pertamakalinya menjawab pertanyaan dari kedua anak saya, Yohana dan Imanuel. Mereka saling membantah, Yohana  berkata : Allah ada di sorga. Imanuel berkata, tidak betul, Allah ada di dalam hati kita. Peristiwa ini terjadi di rumah pastori dari salah satu jemaat  tempat saya bertugas pada tahun 1996. Ketika saya mendengar perbantahan itu, saya berkata,”kamu dua-duanya benar. Memang benar Allah ada di sorga,tetapi Allahpun ada didalam  dihati kita. Kedua keyakinan yang saling bertolak belakang itu merupakan benih yang tumbuh dalam kehidupan kedua anak ini. Yang perlu dijelaskan adalah kaitannya dengan apa yang disebut “Spiritualitas”.Maka penjelasan saya bahwa Allah yang dipahami ialah sebagai Allah yang berada jauh diatas,ketika Ia mengutus Anak-Nya Yesus kedalam dunia, Dia bekerja dengan murid-murid-Nya didalam dunia, Dia menyembuhkan orang sakit, Dia memberkati makanan yaitu 5 roti dan 2 ikan menjadi banyak dan banyak orang memakannya, itulah mujizat yang didalamnya kuasa Allah memberkati makanan itu, dan Ia sendirilah sumber dari berkat itu.

Dan setelah Yesus mati, Dia naik ke sorga duduk disebelah kanan Allah Bapa dan menyediakan tempat bagi manusia dibumi ini.

Yesus pergi ke sorga dan mengutus Roh Kudus kedalam dunia untuk menolong kita didalam pekerjaan Tuhan supaya kita juga diberkati Tuhan. Contohnya seperti kita berdoa untuk orang sakit, mereka mengalami kesembuhan. Dan juga ketika kita tidak ada makanan, kita berdoa dan oranglain memberikan makanan bagi kita.Tentu mujizat Tuhan tanda Tuhan ada dalam hidup dan kerja kita di dunia dimana kita bekerja.

Pertama : Kesamaan berarti ; Allah ada di atas jangkauan indera ,Ia tidak bisa di lihat dan tidak bisa dijamah.

Kedua : Kesinian Allah berarti,Ia bisa dihampiri dalam doa kita,bisa diajak berbicara,ia mendampingi kita dalam hidup dan kerja kita.

Sebab itu kita membangun rumah dalam hidup kita untuk Allah diam didalamnya bersama-sama dengan kita. Sekalipun pekerjaan ini banyak tantangan, cobaan yang kita alami tetapi suami dan anak-anak setia mendampingi dalam tugas dan pelayanan dimana saja kita di utus pergi.

Spiritualitas adalah pengalaman hidup melalui panggilan Allah sebagai hamba dalam tugas dan pelayanan dimana kita mengalami sendiri kehausan dan keteduhan hubungan antara kita dengan Tuhan.

Maka setiap kita harus menyadari bahwa kita adalah utusan-utusan dari Bapa di sorga yang ditempatkannya di bumi dengan misi khusus untuk memberitakan injil kerajaan sorga kepada setiap orang (dunia) agar mereka juga beroleh selamat. Maka hal ini harus dinyatakan dalam tuturkata dan perbuatan yang benar-benar menyelamatkan kehidupan orang yang ada di sekitar kita, supaya mereka juga selamat dari kehidupan yang buruk kepada yang baik dan benar


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s